Friday, September 15, 2017

Menguji Diri

Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu tidak engkau ketahui? Bagaimanakah engkau dapat berkata kepada saudaramu: Biarlah aku mengeluarkan selumbar itu dari matamu, padahal ada balok di dalam matamu. Hai orang munafik, keluarkanlah dahulu balok dari matamu, maka engkau akan melihat dengan jelas untuk mengeluarkan selumbar itu dari mata saudaramu. " ( Mat 7: 3-5)

Pada waktu saya di rawat di rumah sakit karena diare dengan demam tinggi, maka banyak waktu untuk diri sendiri. Biasanya saya banyak beraktivitas tetapi sekarang 'berbaring manis ' di ranjang rumah sakit. Satu hiburan yang disediakan rumah sakit hanyalah sebuah tv. Pada waktu itu saya senang menonton film komedi di tv.  Di dalam film komedi kita diajak tertawa melihat tingkah laku pemain yang bodoh, tolol, konyol, atau menertawakan kemalangan orang lain . Memang film komedi dikemas seperti itu untuk memancing tertawa penonton. 

Di dalam kehidupan sehari- hari tanpa kita sadari kadang kala kita suka mentertawakan kebodohan, kemalangan, perbuatan orang lain. Padahal seharusnya kita prihatin kepada mereka yang masih hidup di dalam kedagingan. Kita melihat kesalahan orang lain tetapi kita lupa menginstrospeksi diri sendiri.  " Ujilah dirimu sendiri, apakah kamu tetap tegak di dalam iman. Selidikilah dirimu! Apakah kamu tidak yakin akan dirimu, bahwa Kristus Yesus  ada di dalam diri kamu? Sebab jika tidak demikian, kamu tidak tahan uji. " ( 2 Kor 13: 5)

Karakter kita memang belum sempurna tetapi semakin hari kalau berjalan bersama Tuhan kita pasti semakin disempurnakan. Mari kita menyelidiki hati , pikiran dan perbuatan , apakah sudah sesuai dengan firman dan kehendak Tuhan ? Bila belum berusahalah dan kejarlah kesempurnaan seperti yang Tuhan kehendaki .God bless you all the best!

Sumber : Rina Adhisurya

Popular Posts