Wednesday, October 29, 2008

Tidak Berterima Kasih

Tidak Berterima Kasih (Lukas 17:11-19)

Ada sepuluh orang kusta yang rupa2-nya sudah mendengar kuasa Yesus dalam menyembuhkan. Dan kesepuluh orang kusta tersebut juga berupaya menemui Yesus. Dan terakhir bertemulah mereka dengan-Nya. Dengan jarak yang agak jauh (karena orang kusta dinajiskan dalam kehidupan dan harus mengasingkan diri serta menjaga jarak dengan orang lain) mereka berteriak pada Yesus untuk mengasihani (menyembuhkan) mereka. Dan Yesus bereaksi dan mengatakan pada mereka untuk memperlihatkan diri mereka pada imam2 (karena imamlah yang menentukan seseorang terkena kusta atau tidak dan imam pula yang menentukan seseorang sudah tahir/sembuh atau belum).

Kesepuluh orang kusta tersebut segera mengerjakan perkataan Yesus. Di sini terlihat semua orang kusta itu mempunyai keyakinan penuh pada Yesus. Dan satu persatu dalam perjalanan mereka menemui imam, mereka disembuhkan. Tetapi diantara kesepuluh orang kusta itu, ada satu yang begitu mengetahui dirinya bebas dari kusta, segera kembali pada Yesus untuk memuliakan Tuhan.

Sepuluh orang kusta bisa jadi menggambarkan banyaknya umat Tuhan atau juga banyaknya permintaan kita pada Tuhan. Sekian banyak perlindungan, kasih karunia, dan berkat Tuhan serta jawaban doa Tuhan pada kita semua, adakah kita kembali kepada-Nya dengan mengucapkan terima kasih? Adakah kita memuliakan Tuhan setelah itu?

Tuhan Yesus memberkati kita semua.

Salam kasih, Deny S Pamudji

Popular Posts