Thursday, June 18, 2009

Sepuluh Langkah Menghadapi Krisis

Sepuluh Langkah Menghadapi Krisis

Ada 10 langkah didalam pola masuk dan keluar yang Allah berikan untuk menolong Anda melewati suatu krisis perubahan. Jika Anda baru saja keluar dari suatu pekerjaan, dipecat, atau mengundurkan diri, meninggalkan suatu gereja, dan pelayanan, atau lain sebagainya. Lakukanlah langkah2 ini dalam setiap tahap kehidupan Anda, agar Anda dapat menyesuaikan diri dengan lancar.

1. Sadari bahwa krisis itu normal
Yang perlu Anda pahami adalah krisis itu normal bagi kehidupan. Bila Anda sedang dalam transisi, Anda akan mengalami suatu krisis. Krisis itu normal dalam suatu pertumbuhan.

2. Ikuti pola Tuhan Yesus, mengampuni
Yesus adalah pola kita dalam memasuki dan meninggalkan. Ia meninggalkan sorga untuk masuk kedalam dunia, kemudian meninggalkan dunia untuk masuk ke sorga. Keduanya terjadi krisis. Dia telah membayar harga yang sangat mahal untuk keselamatan kita

3. Akuilah bahwa Allah adalah sumber kehidupan
Hendaklah Anda menyadari bahwa apabila Anda telah mengikatkan hidup Anda kepada Kristus. Dialah yang berkuasa atas segala sesuatu yang telah Anda serahkan, dan ikatkan kepada-Nya bukan manusia. Kekecewaan kita di dalam hidup ini bukanlah disebabkan oleh apa yang kita dapatkan, tetapi oleh apa yang kita harapkan dan kita akan mendapatkan.

4. Jangan panik
Kepanikan dan produktifitas adalah dua hal yang berlawanan. Kepanikan selalu membuat orang tidak produktif. Di dalam kehidupan rohani, ketegangan, dan kepanikan akan membutakan mata rohani seseorang sehingga membuat tidak mampu mengerti firman Tuhan, menekan rohnya, melemahkan imannya, dan membuatnya tidak mampu berdoa dan memperlambat penerimaan jawaban2 Allah atas doanya

5. Akui kedaulatan Allah
Akuilah bahwa Allah mempunyai kekuasaan penuh atas hidup kita dan bahwa Ia dapat menolak dan membatalkan apa saja dan segala sesuatu yang ada didalamnya.

6. Jangan batasi Allah
Anda dan saya bukanlah pencipta tetapi Allah adalah pencipta kita.

7. Rendahkan diri Anda untuk menaati Allah
Ada orang yang tidak mau mengaku salah. Jika kita salah, kita harus mengakuinya karena kerendahan hati mendahului berkat.

8. Percayalah bahwa Allah akan membela dan membenarkan Anda
Jika Anda diperlakukan tidak adil, janganlah membalas dengan kejahatan, melainkan berdoalah bagi mereka yang memperlakukan Anda dengan semena-mena.

9. Berkomunikasilah
Janganlah berhenti berkomunikasi, baik dengan Allah, maupun dengan manusia. Konsultasi dengan orang yang takut pada Allah merupakan salah satu cara yang Allah gunakan untuk berbicara kepada kita, karena didalamnya terkandung hikmat dari Allah.

10. Bertindaklah berdasarkan prinsip
Lakukanlah sesuatu. Dapatkan petunjuk dari prinsip2 kebenaran. Allah akan memulai pemulihan dengan Firman-Nya.

Sumber : Pemenang Bukan Tidak Pernah Gagal
Sola Gracia, No.403, Tahun VII, 8 Oktober 2000

Popular Posts