Thursday, May 07, 2009

Yesus, Tokoh Sensasional

Yesus - Tokoh Sensasional

Rani Juliani tiba2 saja menjadi seseorang yang banyak disebut2 dalam berita. Bahkan blognya* mungkin akan menjadi blog Indonesia yang paling banyak dikunjungi. Ketika saya mengunjunginya saja, sudah tercatat 170.000 orang yang telah mengakses blognya. Siapakah tokoh sensasional menurut Sdr? Kalau saya, tokoh sensasional itu adalah Yesus. Sahabat karib saya, Juru Selamat saya, dan Tuhan saya.

Apa yang menjadikannya sensasional?
1. Peristiwa Sebelum Kelahiran-Nya
Jauh sebelum kelahiran-Nya sudah dinubuatkan dulu. Bahkan ketika hendak diproses masuk dalam kandungan Maria, malaikat dikirim untuk memberitahukan perihal 'bayi roh kudus' itu. Nama untuk Yesus pun, sudah diberitahukan dulu.

2. Peristiwa Kelahiran-Nya
Mana ada kelahiran bayi yang menarik perhatian 3 raja dan 1 orang petinggi (Herodes)? Mana ada kelahiran bayi yang menarik banyak malaikat datang. Mana ada kelahiran bayi yang disertai bintang khusus (ada yang bilang terjadi karena susunan planet2 pada saat itu)?

3. Mukjizat Yang Dilakukan-Nya
Jauh sebelum mukjizat pertama yang dicatat Alkitab (peristiwa air menjadi anggur di Kana), ada mukjizat lain yang dicatat Quran yakni Yesus dapat bicara pada saat bayi. Mukjizat lain menurut saya ialah Yesus sanggup menguasai Hukum2 Taurat pada saat berusia 12 tahun. Pada saat itu semua pemuka agama terkagum2 akan jawaban yang diberikan Yesus

4. Peristiwa Kematian-Nya
Terjadi hal yang luar biasa juga (walau untuk sebagian orang mungkin dianggap kebetulan) pada saat penyaliban-Nya. Langit menjadi gelap (peristiwa gerhana?!) dan tirai di Bait Allah terbelah menjadi dua. (Nah, apa yang ini juga suatu kebetulan?!) Hal yang lainnya ialah proses kematian-Nya juga sudah dinubuatkan jauh sebelumnya. (Nah, untuk yang ini, apakah kritikus Yesus bisa menyanggah itu suatu kebetulan?!)

5. Peristiwa Kebangkitan-Nya
Ini merupakan peristiwa yang paling sering disanggah. Bahkan masih banyak yang menganggap Yesus tidak mati di salib (antara lain Ahmad Deedat & Jemaat Ahmadiyah), bahkan ada yang mengatakan itu Yudas yang disalib dan bukan Yesus (sudah saya bantah dalam tulisan saya "Dia Telah Bangkit"). Tetapi, saya mendapatkan beberapa ayat dalam suatu kitab suci agama lain, yang menuliskan "... pada saat dilahirkan, mati, bangkit, dan naik ke sorga ..." Luar biasa! Tertulis dalam kitabnya, tetapi hingga sekarang mereka tidak percaya!

6. Peristiwa Kenaikan Ke Sorga
Jauh sebelum manusia menginjakkan kakinya ke bulan, Yesus sudah melakukan hal yang lebih. Yesus naik ke sorga. Disaksikan oleh banyak orang dan jelas ditulis naik, bukan menghilang.
Peristiwa ini juga dicoba dibantah dengan penemuan kubur Yesus. Berita sensasional yang akhirnya lenyap bagai ditelan bumi karena tidak cukup meyakinkan. Klaim akan kubur Yesus juga pernah dihembuskan oleh Jemaat Ahmadiyah. Cuman, tidak berhasil membuktikan kebenarannya.

7. Peristiwa Pentakosta
Ini memang tidak menyangkut langsung dengan kehadiran Yesus, tetapi ini membuktikan bahwa pernyataan Yesus benar adanya.

8. Peristiwa Alam / Dunia
Bagi umat kristen, peristiwa alam / dunia saat ini tidak ada yang mengejutkan. Semua telah ditulis di Alkitab (kitab Wahyu) dan sekarang tinggal menunggu penggenapan demi penggenapan. Jangan lupa, agama lain juga percaya akan adanya kedatangan Yesus yang kedua kali.

Jadi, cukup beralasankah jika saya mengatakan Yesus tokoh sensasional? Yesus tokoh yang tidak ada duanya yang tidak habis2nya dibahas? Satu pernyataan Yesus yang perlu Sdr renungkan ialah Akulah Jalan, Kebenaran, dan Hidup. Sudahkah Sdr menerima-Nya? Sudahkah Sdr menyaksikan-Nya?

Salam kasih, Deny S Pamudji

* Blog Rani ialah http://ranijuliani.blogspot.com/

Popular Posts