Friday, April 09, 2010

Nikodemus

Nikodemus (Yohanes 3:1-21,19:38-41)

Nikodemus adalah seorang pemimpin agama Yahudi. Nikodemus diam-diam mengamati sepak terjang Yesus dan pada suatu malam Nikodemus mendatangi Yesus. Nikodemus tahu bahwa tidak seorang pun dapat melakukan seperti yang Yesus kerjakan jika tidak disertai Tuhan.

Yesus kemudian mengajarkan tentang Kerajaan Allah dan lahir baru. Nikodemus tidak mengerti tentang lahir baru. Dia mengira dia harus dilahirkan kembali. Yesus kemudian menjelaskan bahwa lahir baru ialah dibaptis dengan air dan roh.

Pelajaran Yesus malam itu rupa-rupanya sangat masuk dalam hati Nikodemus. Terbukti pada saat Yesus mati di kayu salib dan hendak dikuburkan, Yusuf dari Arimatea yang ternyata diam-diam termasuk murid Yesus menurunkan tubuh Yesus dari salib dan kemudian bersama-sama Nikodemus merempah-rempahi tubuh Yesus sesuai dengan adat orang Yahudi.

Ketika kita mulai mengabarkan berita suka cita, tidak selalu orang dapat mencerna arti penebusan Yesus. Bahkan tidak sedikit yang kemudian memusuhi kita. Tetapi, jika kita benar-benar mengasihi teman-teman kita seperti kita mengasihi Allah dan diri kita, maka suatu saat kelak, mereka pun akan dapat menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamatnya.

Apa yang kita sebarkan tidak akan kembali dengan sia-sia. Yesus selalu menyertai kita sekarang dan hingga selama-lamanya. Berbahagialah orang yang bekerja di ladang Tuhan dan yang tidak segan-segan memberitakan kabar suka cita pada setiap orang yang dijumpainya.

Salam kasih, Deny S Pamudji

Popular Posts