Tuesday, June 22, 2010

Seperti Yesus

Seperti Yesus (Filipi 2:2-5)

Kristen atau christian artinya pengikut Kristus atau seperti Kristus.  Seseorang yang mengaku dirinya kristen diharapkan dapat mencerminkan Kristus dalam segala laku hidupnya.

Apa ciri khas Kristus?

1. Dia mendahulukan Allah

Yesus hidup di dunia untuk menyampaikan firman Allah dan melaksanakan kehendak Allah. 

2. Dia menjauhkan kepentingan pribadi

Yesus tidak mencari nama, sebaliknya Dia begitu rendah hati dan meminta agar orang yang telah disembuhkan oleh-Nya tidak menyebarkan berita tentang itu.  Dia hanya ingin nama Allah dipermuliakan.  Dia tidak mengutamakan kepentingan pribadi.

3. Dia memperhatikan orang lain

Yesus datang untuk melayani.  Dia selalu mempedulikan orang lain tanpa memandang status orang itu.  Sifat welas asihnya membuat Dia mengetahui dengan pasti keperluan orang lain.

4. Dia setia

Betapa pun sulitnya kehidupan yang harus dijalani Yesus, Dia tetap setia.  Sebagai manusia, Yesus memang pernah mengalami kegundahan, namun kemudian Dia menyadari misi utama-Nya dan tetap setia hingga mati di kayu salib.

5. Dia kudus

Yesus hidup secara alami dan jauh dari kemunafikan.  Dia kudus dan menjaga kekudusan-Nya dengan benar.  Dia lemah lembut dalam mengajar, tetapi keras dalam menegor.  Namun semua dilakukan dalam batas kewajaran dan tidak melanggar kesusilaan ataupun norma yang berlaku.  Tidak seorang pun baik dari Makhamah Agama, Pilatus, maupun Herodes, yang bisa menemukan kesalahan pada diri-Nya.

Sudah layakah kita mengaku diri kita kristen?  Seberapa jauhkah kita sudah mencerminkan Kristus dalam diri kita?

Salam kasih, Deny S Pamudji

Popular Posts