Monday, May 12, 2008

Menghancurkan Benteng Musuh

Menghancurkan Benteng Musuh
Possessing the Gates of the Enemy
oleh Cindy Jacobs
disarikan oleh Deny S Pamudji

Dalam peperangannya melawan rencana Allah, Setan membuat benteng-benteng tempat mereka berkubu. Benteng-benteng ini harus kita hancurkan apabila kita ingin Kerajaan Allah makin berkembang luas.

1. Benteng Pribadi
Sesuatu yang dibangun Setan untuk mempengaruhi hidup pribadi seseorang seperti dosa pribadi, pikiran, perasaan dan pola tingkah laku. Kesombongan atau tindakan mementingkan diri sendiri merupakan lobang pada baju zirah (Ef 6:13-18). Kesombongan orang-orang beriman merupakan halangan bagi Allah untuk bekerja dengan penuh kuasa di kota kita. Dengan kerendahan hati, pertobatan, dan kekudusan maka benteng ini dapat dirobohkan.

2. Benteng Pikiran
Sebuah pikiran yang dipenuhi dengan keputusasaan yang menyebabkan orang percaya bahwa sesuatu tidak dapat diubahkan (jelas ini bertentangan dengan kehendak atau kuasa Allah). Keyakinan bahwa segala sesuatu mungkin bagi kita (dengan Kuasa Allah) akan dapat merobohkan benteng tersebut.

3. Benteng Ideologi
Banyak pandangan duniawi (dari tokoh-tokoh dunia) yang mempengaruhi kebudayaan dan pemikiran masyarakat. Ideologi Marxisme, komunisme adalah contoh ekstrim. Merobohkan benteng ini dapat dilakukan dengan doa syafaat karena dibelakang ideologi tersebut ada suatu kuasa kegelapan yang menganggap Allah itu sudah mati atau manusia adalah Tuhan.

4. Benteng Okultisme
Ilmu gaib, mantera, santet, jimat, ajaran Zaman Baru, meditasi transendal, Raja Yoga, dan horoskop merupakan benteng okultisme. Beriman teguh, hati yang kudus, dan doa syafaat merupakan cara merobohkan benteng ini.

5. Benteng Sosial
Tekanan atas sebuah kota berupa ketidakadilan sosial, rasialisme (apartheid), dan kemiskinan yang menyebabkan orang-orang beriman menganggap Allah tidak memperhatikan kebutuhan mereka. Cara menghancurkan benteng ini ialah dengan memberi kepada yang papa, menyediakan tempat tinggal bagi yang tidak mempunyai rumah, mendamaikan ras-ras, dan memperkecil jurang pemisah antara si miskin dan si kaya.

6. Benteng antara Kota & Gereja
Keretakan yang ditimbulkan Setan antara kota dan gereja sehingga gereja menganggap pemerintah kota sebagai musuh atau penghalang sebaliknya pemerintah kota menganggap gereja sebagai sesuatu yang negatif atau tidak membawa faedah bagi masyarakat. Untuk merobohkan benteng ini gereja hendaknya menjalin hubungan baik dengan pemerintah kota antara lain dengan aktif berperan dalam kegiatan sosial di masyarakat seperti menyelenggarakan pelayanan kesehatan atau pendidikan bagi masyarakat yang tidak mampu, mendirikan pusat pelayanan bimbingan masyarakat dlsb. Pada pokoknya sesuatu yang tidak hanya mensejahterakan intern (membangun iman umat Kristen) tetapi juga ekstern (berfaedah masyarakat luas)

7. Benteng Setan
Suatu tempat berdiam Setan seperti tempat berhala yang sangat terkenal, pohon angker, makam keramat, dll. Suatu lokasi yang mempunyai benteng Setan akan mengalami tekanan yang hebat seperti depresi, kebodohan rohani dan kriminalitas tinggi yang berakibat Injil susah diterima di daerah tersebut. Penghancurannya ialah dengan doa syafaat peperangan yang intensif (terus menerus dan teratur).

8. Benteng Aliran
Mungkin merupakan benteng yang paling berhasil diciptakan Setan. Setan mengadu domba antar denominasi dan bahkan menciptakan ajaran sesat seperti Children of God, Ranting Daud (David Coresh), Saksi Yehova, dlsb. Merobohkan benteng ini tidaklah mudah karena masing-masing pemimpin suatu denominasi menganggap dirinya benar dan tidak mau mengalah.

Mengapa para pemimpin tidak mau bersatu?
a. Kesombongan di bidang doktrin
b. Takut ditolak oleh denominasi lain
c. Penyembahan berhala (gereja setan)
d. Takut kehilangan anggota
e. Takut dikucilkan
f. Terlalu letih untuk memenuhi pelayanan lain

Adapun sikap membuka diri; menganggap denominasi lain merupakan anggota tubuh Kristus; saling memberi dan menerima akan dapat memperkecil jurang perbedaan dan akhirnya mencapai Gereja yang Esa yang merupakan mempelai wanita yang elok bagi Kristus.

9. Benteng Kesalahan
Kesalahan yang dibuat oleh nenek moyang kita sehingga penyembahan setan masuk dalam kebudayaan. (Misalnya menyediakan sesajen tiap malam Jum'at, menanam kepala kerbau untuk memulai suatu pembangunan, dll). Hal ini bisa mengakibatkan timbulnya kutuk atas suatu bangsa. Untuk merobohkan benteng ini diperlukan pengakuan dosa atas kesalahan yang ada seperti yang dilakukan oleh Daniel (Dan 9:5) dan Nehemia (Neh 1:16) yang berdoa pada Tuhan dengan mengakui dosa bangsa dan nenek moyang mereka. Dengan demikian niscaya segala kutuk dapat lenyap dan berkat kembali melimpah.

Catatan : Negara kita banyak dipengaruhi oleh sempalan berbagai agama seperti agama Buddha, Hindu, Kristen, Islam dan bahkan aliran kepercayaan/kebatinan yang berakibat banyaknya variasi untuk benteng okultisme & benteng setan serta benteng kesalahan sehingga diperlukan kewaspadaan yang tinggi agar ajaran Kristen yang kita anut atau yakini terbebas dari pengaruh tersebut. Untuk itulah perlu adanya pemahaman ajaran Kristus secara benar.

Popular Posts