Tuesday, October 03, 2017

Integritas Menunjukan Iman

"Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar".
(Lukas 16:10).

Masa sekarang ini sangat populer kata-kata ini : "Apa yg saya lakukan dalam hidup pribadi saya - itu bukan urusanmu, bukan urusan orang lain".
Oya , benarkah ?  
Apapun yg anda lakukan dalam hidup pribadi anda, bahkan di balik pintu dan tak terlihat orang sekalipun, membangun dan sekaligus menguak karakter anda yg sesungguhnya. Dan bagi Tuhan, Dia melihatnya sejelas dan segamblang siang bolong di depan publik.

Hal-hal kecil yg anda lakukan walaupun itu tidak terlihat sebenarnya menjadi benih berkat Tuhan dalam kehidupan anda. Anda tidak bisa mengkotak-kotakkan kehidupan anda dan berkata, " Saya punya integritas dalam kehidupan publik saya, tapi hidup pribadi saya itu urusan saya" .
Anda tentu punya daftar panjang public figure yg  menjadi skandal ketika hidup pribadinya terkuak.
Apapun dan bagaimanapun, seorang pemimpin yg tidak bisa dipercaya dalam hal hal kecil, juga tak bisa dipercaya dalam hal hal besar.

Yesus berkata dalam Lukas 16:12 , "Dan jikalau kamu tidak setia dalam harta orang lain, siapakah yang akan menyerahkan hartamu sendiri kepadamu?"

Berabad abad lalu seseorang yg belajar sebuah keahlian, baik berdagang, baik bertukang,  maupun pekerjaan lain, selalu magang pada ahlinya, dan selalu ikut bekerja di situ sebelum dia bisa membuka usahanya sendiri.

Prinsip magang ini juga berlaku untuk bidang kehidupan kita yg lain . Ini berlaku misalnya bagaimana anda memperlakukan barang milik orang lain, bagaimana anda bertanggung jawab pada uang orang lain, bahkan bagaimana anda bekerja di perusahaan/organisasi lain.

Sebelum saya melakukan pelayanan saya, saya juga magang / bekerja melayani sebagai pendeta muda di sebuah organisasi pelayanan lain.
Tuhan melihat bagaimana saya melakukan pelayanan tsb . Dia menguji bagaimana saya melayani di organisasi  tsb, Dia menguji integritas saya. Saya harus membuktikan kesetiaan dan kesungguhan pelayanan saya tsb. sebelum akhirnya Tuhan menuntun saya memulai pelayanan saya sendiri di Saddleback Church.

Kalau seseorang meminjamkan mobilnya pada anda, seberapa anda akan memeliharanya ?  
Bila anda diperbolehkan menempati rumah seseorang, apakah anda memeliharanya seperti layaknya rumah sendiri ? 
Bila anda diberi kesempatan bekerja di sebuah perusahaan, apakah anda sungguh-sungguh bekerja dengan tekun seperti anda bekerja untuk diri sendiri ?

Tuhan menilik anda dan menguji integritas anda. 
Hiduplah dalam FirmanNya.

Dari DAILY HOPE 
By Rick Warren.

Popular Posts