Friday, February 10, 2017

MENGUKUR DAN MENGEVALUASI.

" Janganlah kamu memikirkan hal-hal yang lebih tinggi dari pada yang patut kamu pikirkan, tetapi hendaklah kamu berpikir begitu rupa, sehingga kamu menguasai diri menurut ukuran iman, yang dikaruniakan Allah kepada kamu masing-masing" (Roma 12:3b)


Penghalang utama dan terbesar untuk perubahan dalam hidup kita  adalah kesombongan kita.
Kita sering merasa 'paling dan lebih' .
Padahal kenyataannya tidak seorangpun 'lengkap-sempurna' . Saya tidak , andapun  tidak, Raja - Presiden siapapun juga tidak.  Alkitab mengatakan  tidak ada yg sempurna di bumi ini selain Tuhan dan FirmanNya. 
Segala sesuatu di bumi ini sudah 'rusak' karena dosa.
Anehnya, kita masih  sering mondar mandir bergaya,  ingin memberi kesan pada orang sekitar kita seolah kita hebat - lengkap - sempurna.
Bila anda ingin 'sungguh-sungguh berubah' dalam kehidupan anda, maka mula-mula anda harus menyadari dan mengakui keadaan anda yg 'tidak lengkap , anda tidak mempunyai segalanya, tidak sempurna. 
Anda menyadari bahwa anda juga punya problem,  mungkin dengan kebiasaan buruk anda, mungkin kesehatan anda, mungkin finansial anda, mungkin hubungan keluarga , atau apapun dalam hidup anda.

Roma 12:3  mengatakan  " Janganlah kamu memikirkan hal-hal yang lebih tinggi dari pada yang patut kamu pikirkan, tetapi hendaklah kamu berpikir begitu rupa, sehingga kamu menguasai diri menurut ukuran iman, yang dikaruniakan Allah kepada kamu masing-masing "

Apakah anda berkeinginan bertanya pada orang terdekat anda, " Apakah ada yg perlu ku-ubah?".
Mengapa hal ini penting ? Karena dengan begitu anda bisa mengukur dan mengevaluasi  yg anda sudah kerjakan dan capai.
Bila anda tak tahu seberapa ukuran-standard  iman anda, maka anda tidak bisa bertumbuh lagi.
Bila anda tak tahu ukuran-standard  tentang  kesehatan, misal tekanan darah ( blood presure) , anda tak akan memperbaiki diri  untuk hal ini .  Demikian juga hal hal yg lain.

Anda hanya bisa mengevaluasi diri anda dengan baik bila anda mengetahui ukuran sekaligus standard nya. 
Alkitab mencontohkan berbagai ukuran iman bagi kita, tokoh-tokoh yg teguh dalam iman, teguh dalam pengharapan dan setia pada Tuhan.

Dengan mengevaluasi diri,  anda bisa terus memperbaiki dan  makin bertumbuh dalam kehidupan anda sesuai FirmanNya.

DAILY HOPE
By Rick Warren

Popular Posts