Monday, January 16, 2012

4 Kuasa

Rahasia Doa Berkat
Khotbah dari Pdt Ishak Tulus

Saya masuk di berbagai gereja dan memperhatikan setiap jemaat gereja memiliki ciri khas masing-masing. Ada jemaat yang menganggap ibadah itu yang penting Firman-Nya, jadi datangnya menjelang Firman. Ada orang yang senangnya musik dan pujian, jadi dia datang awal, tapi setelah dengar Firman mulai mengobrol, ngantuk, atau keluar makan bakso. Ada yang merasa yang penting terima doa berkat.

Saya mau katakan hari ini, ibadah itu satu paket penting dari awal sampai akhir. Kita memulai dengan atmosfir Tuhan turun. Ada yang sembuh ketika mulai memuji, ada juga yang sembuh ketika mulai Firman Tuhan. Saya berusaha ketika diundang melayani di suatu gereja untuk tidak datang terlambat, saya mau mengalami hadirat Tuhan. Banyak orang sebelum doa berkat sudah pergi karena menganggap tidak penting, apalagi sudah lagu terakhir sudah cepat-cepat pergi ke tempat parkir.

Bilangan 6:22-27,

TUHAN berfirman kepada Musa: "Berbicaralah kepada Harun dan anak-anaknya: Beginilah harus kamu memberkati orang Israel, katakanlah kepada mereka:
TUHAN memberkati engkau dan melindungi engkau;
TUHAN menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia;
TUHAN menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera.
Demikianlah harus mereka meletakkan nama-Ku atas orang Israel, maka Aku akan memberkati mereka."

Ketika kita berjalan dalam nama Tuhan, maka nama-Nya yang berkuasa di sorga dan di bumi. Ada 4 hal yang Tuhan curahkan ketika doa berkat itu dilepaskan:

#1 Kuasa berkat

Berkat akan tercurah di atas Saudara sesuai dengan berkat apa yang Saudara butuhkan. Bisa kesembuhan, finansial, jalan keluar. Hidup kita perlu berkat Tuhan.

Amsal 10:22, Berkat Tuhanlah yang menjadikan kaya, susah payah tidak akan menambahinya.

Satu kali ada seorang yang bercerita kepada saya, bisnisnya ditipu rekannya Rp 240 milyar. Ternyata memang kekuatan kita itu bukan uang dan kekayaan. Sekali waktu kekayaan bisa lepas. Tapi selama ada Tuhan, kita masih bisa mendapatkannya lagi. Jangan pernah bergantung pada uang dan kekayaan. Esensi hidup kita itu, kalau kita punya Yesus artinya kita punya segala-galanya. Ketika doa berkat dilepas, maka berkat itu mulai dicurahkan.

#2 Kuasa perlindungan

Mazmur 121:3-8,

Ia takkan membiarkan kakimu goyah, Penjagamu tidak akan terlelap.
Sesungguhnya tidak terlelap dan tidak tertidur Penjaga Israel.
Tuhanlah Penjagamu, Tuhanlah naunganmu di sebelah tangan kananmu.
Matahari tidak menyakiti engkau pada waktu siang, atau bulan pada waktu malam.
TUHAN akan menjaga engkau terhadap segala kecelakaan; Ia akan menjaga nyawamu.
TUHAN akan menjaga keluar masukmu, dari sekarang sampai selama-lamanya.

Tuhan itu melindungi kita, kekayaan, bisnis, keluarga, nyawa kita dijaga Tuhan itu 24 jam.

Awal tahun 2011 ini saya terbang ke Waingapu bersama istri. Ketika pesawat itu terbang 30 menit, saya tiba-tiba merasa pesawat balik lagi ke Jakarta. Ternyata di atas itu mesinnya rusak. Kalau mobil bisa minggir pohon. Tapi kalau pesawat, hanya dua pilihan, tinggal surga atau neraka. Saat begitu, uang banyak tidak akan berguna. Kepandaian tidak berarti. Kebolehan kita tidak terlihat, mulut cuma bisa memanggil nama Tuhan. Saya katakan, Tuhan, tangan-Mu lebih berkuasa dari segala-galanya. Tapi tidak usah takut, mati hidup itu di tangan Tuhan yang menentukan. Jadi kalau dijaga Tuhan, di pinggir maut pun tangan Tuhan lebih cepat dari segala-galanya.

Ada seorang Pendeta teman saya di Bekasi, dia naik kereta ke Kemayoran. Tiba-tiba ada seorang Ibu berkata, "Pak, itu dompet dicopet orang!" Dia segera lari kejar, bahkan sampai teriak, "Dalam nama Yesus, copet berhenti!" Copetnya benar-benar berhenti, dan ternyata pencopetnya Kristen juga! Dompetnya diambil, lalu uangnya dibagi dua, separuh dikasih ke Pencopet. Saudara lihat, dompet pindah tangan saja masih bisa pulang, Tuhan menjaga dengan sempurna. Amin!

Jangan tinggalkan doa berkat sebelum dilepaskan kepada Saudara.

#3 Kuasa kasih karunia

TUHAN menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia;

Ada kuasa kasih karunia dilepaskan bagi kita. Kasih karunia adalah hal yang kita tidak layak terima, tidak mampu terima, tapi kita diberikan. Kasih karunia adalah kekuatan Tuhan yang supranatural, dicurahkan supaya kita bisa mengelola hidup kita, yang tidak mungkin jadi mungkin, tidak bisa jadi bisa, tertutup jadi terbuka. Masuk dalam zona lingkaran tidak ada satupun yang mustahil. Semua terbuka, semua pasti diatasi oleh kasih karunia.

Satu kali ada KKR di Mamasa, 12 jam perjalanan karena harus melewati 4 gunung. Saya sudah capek dan harus ketemu wakil Bupati lalu diajak ke hotel, istirahat sebentar. Baru saja taruh tas di hotel, HP saya bunyi ternyata istri saya. Ternyata dia bilang bahwa anak kami butuh dana sekian untuk kuliahnya. Jumlah yang tidak sedikit bagi saya.

Saudara, aslinya Kekristenan kita bukan waktu duduk di gereja ini, tapi di rumah kita dan ketika ada persoalan. Kita seringkali di gereja ngomong baik-baik di gereja, tapi di rumah sama istri sendiri bisa memaki-maki. Kekristenan kita seharusnya dibangun di rumah. Di luar itu gampang. Kalau cuma bisa di luar tapi di rumah tidak bisa, itu munafik besar.

Saya tidak jawab apa-apa sama istri saya, cuma berkata "Ya sudah Ma, kalau tidak cukup yang bisa dijual, ya jual saja." Istri saya diam. Kalau istri diam artinya antara marah atau ngga ngerti. Dan 5 menit kemudian, saya tersadar, jangan-jangan istri saya tersakiti dengan perkataan saya itu.

Ibu-ibu, saya beritahu, itu sudah bagus, biasanya suami-suami itu rata-rata 45 menit baru sadar! Yang mengerikan ada pria yang 45 tahun baru sadar. Sudah masuk ICU baru minta maaf sama istrinya.

Saya bilang, "Ma, sebentar lagi mau melayani, Papa minta maaf ya. Doakan Papa. Percayalah sebelum Papa kembali ke Jakarta, semua pasti dicukupkan Tuhan." Dari sisi saya, saya sudah membereskan dengan istri saya dan saya bisa melayani dengan lega. Setelah selesai KKR, sekembalinya ke Makassar tengah malam, saya dimintai nomor rekening BCA pribadi saya oleh seseorang. Dan benar-benar 5 menit kemudian, ada sms masuk yang memberitahukan bahwa ada transfer masuk ke rekening saya yang persis seperti yang dibutuhkan oleh anak saya.

Saudara, ada kebenaran dalam kasih karunia, yang tidak mungkin menjadi mungkin, walaupun tidak kelihatan jalan keluarnya, tapi tetap ada jalan keluarnya, kita berada di zona "tidak ada yang mustahil bagi kita".

#4 Kuasa damai sejahtera

TUHAN menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera.

Damai sejahtera ini bukan sekedar damai sejahtera, tapi kalau alami persoalan kita tetap ada damai, tidak mudah panik, tidak mudah frustrasi. Ini adalah damai sejahtera dari hati Bapa sendiri, yang diambil lalu dipindahkan ke hati kita. Ini namanya damai sejahtera yang tak terkatakan.

Damai sejahtera ini akan diberikan kepada kita, yang ibadah dengan sungguh-sungguh, sebuah hidup yang namanya coram Deo, "di hadapan Allah".

Begitu berkat dilepaskan, maka sepanjang waktu kita ada di hadapan Tuhan sendiri.

Ulangan 5:6-7, Akulah TUHAN, Allahmu, yang membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari tempat perbudakan. Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku.

Kadang allah lain itu bentuknya pekerjaan kita, pelayan, keluarga, hobi, persoalan kita. Kita jangan keliru menempatkan. Letakkan keluarga di sisi kita untuk bersama-sama menghadap Tuhan. Letakkan pelayanan, pekerjaan, dan persoalan, di belakang kita. Fokus menghadap Tuhan, pasti Saudara jadi luar biasa!

Sumber : GBI Bogor

Popular Posts