Thursday, August 16, 2012

Merespon Kebenaran

TIDAK MAU MIKIR (Matius 16:1-4)

Dikirim oleh : Evi Sjiane Djiun

Orang-orang yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda Nabi Yunus. (Matius 16:4)

Teman saya mengaku bahwa ia lebih senang membaca novel daripada  membaca Alkitab. Novel setebal ratusan halaman bisa dilalapnya dalam satu dua malam. "Novel lebih mudah dipahami, sih. Kalau Alkitab, saya takut salah tafsir, " alasannya sambil tertawa. Teman saya tidak sendiri. Banyak orang juga merasa takut atau enggan belajar firman Tuhan, dan menganggap jemaat awam itu cukup percaya saja apa  yang dikhotbahkan para pendeta atau dituliskan para pengarang buku rohani. Lucunya, dalam hal lain, mereka bisa sangat kritis.

Ketika Yesus mengatakan bahwa orang-orang Farisi dan Saduki tidak  dapat membedakan tanda zaman, itu tidak berarti mereka tidak punya  kemampuan untuk memahami hal-hal rohani. Sebaliknya, ia justru menegur mereka, karena sesungguhnya mereka sangat pintar dalam   melakukan analisis tentang hal-hal yang mereka ingin ketahui (ayat 2-3). Namun, mereka tidak menggunakan kemampuan berpikir yang sama saat melihat berbagai tanda mukjizat yang dilakukan Yesus, dan  beriman kepada-Nya. Masalahnya terletak pada hati mereka yang "jahat dan tidak setia" (ayat 4). Mereka tidak ingin menerima Yesus sebagai Sang Mesias dan mencari alasan dengan meminta tanda lebih banyak.

Apakah kita juga memakai kemampuan berpikir kita untuk hal-hal yang  kita mau dan senangi saja, bukan untuk menemukan dan menanggapi kebenaran? John Piper menyebut dosa ini sebagai "perzinaan" pikiran. Mari berubah. Beriman pada Tuhan tidak berarti menuhankan atau meninggalkan logika. Sebaliknya, memakai akal sehat sebaik mungkin bagi kepentingan Pencipta yang mengaruniakannya. --ELS

KEMAMPUAN BERPIKIR DIKARUNIAKAN TUHAN AGAR KITA DAPAT MENEMUKAN DAN MERESPONS KEBENARAN.

Sumber : Renungan Harian

Popular Posts