Friday, August 31, 2012

Bahasa Masing-Masing

ORANG ARAB PUN MENDENGARNYA (Kisah Para Rasul 2:1-13)
Dikirim oleh : Evi Sjiane Djiun

"... baik orang Yahudi maupun penganut agama Yahudi, orang Kreta dan orang Arab, kita mendengar mereka berbicara dalam bahasa kita sendiri tentang perbuatan-perbuatan besar yang dilakukan Allah." (Kisah Para Rasul 2:11)

Orang Yahudi perantauan, penganut Yahudi (bukan bangsa Yahudi),  orang Kreta dan juga orang Arab; merekalah yang mengucapkan kata-kata dalam ayat pilihan ini. Ya, orang Arab juga turut mendengar perbuatan-perbuatan Allah! Kisah Yesus hangat  diperbincangkan di Yerusalem saat mereka tengah di sana. Kisah yang menakjubkan sekaligus menghebohkan. Yesus mati disalib belum berselang lama.

Kini mereka mendengar lanjutan kisah itu. Yesus sudah bangkit.  Murid-murid berkata bahwa mereka telah menerima Roh Kudus yang  memberi mereka kesanggupan berbicara seperti itu. Publik seketika melihat perbedaan besar. Tak tersirat sedikit pun ketakutan atau  keraguan pada murid-murid itu. Petrus si penyangkal. Juga Yohanes yang kabur terbirit-birit sewaktu Yesus ditangkap. Kini mereka,  bersama murid-murid Yesus lainnya berbicara dalam bahasa yang dimengerti semua orang yang hadir. Orang Kreta mendengar kesaksian  murid-murid itu dalam bahasa mereka. Orang Arab juga mendengarnya dalam bahasa Arab hingga mereka mengerti kisah Yesus itu secara jelas. Kira-kira tiga ribu orang memercayai kebenaran kisah itu  sesudahnya (ayat 41).

Hari ini, berita yang sama masih perlu diperdengarkan dengan jelas.  Yesus telah menyediakan jalan keselamatan agar manusia yang berdosa  dapat kembali hidup memuliakan Allah. Adakah kendala bahasa yang menghalangi kita menyampaikannya? Mohon Roh Kudus menolong kita.  Sebagian orang berkomunikasi dengan bahasa formal, akademis, sebagian lagi bahasa gaul. Bahasa daerah beserta dialeknya banyak  juga. Dengan cara apa selama ini kita mempercakapkan perbuatan-perbuatan Allah? --MUN

BICARAKANLAH PERBUATAN-PERBUATAN ALLAH DALAM BAHASA YANG DIMENGERTI TEMAN BICARA. ALLAH SUNGGUH MENGINGINKANNYA!

Sumber : Renungan Harian

Popular Posts