Monday, August 07, 2017

Memahami Firman

Tuhan berbicara pada kita melalui FirmanNya. Karena itu membaca Alkitab adalah salah satu cara kita mendengarNya.
Langkah pertama kita untuk membaca Alkitab adalah dengan datang pada Tuhan, berdoa  mohon pertolongan untuk bisa 'mengerti dan memahami' FirmanNya.
Yohanes 14:26 mengatakan "..... yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu".

Jangan membuka Alkitab mencari cari yang anda ingini sendiri,  cari yg diinginkan Tuhan.
Baca Firman 'prayer-fully' sekaligus 'carefully' .
Matius 7:7 ". . . carilah, maka kamu akan mendapat. . "

Alkitab bukanlah koran atau majalah yang kita baca sekilas sambil lalu  tapi Alkitab adalah sesuatu yg kita gali terus.
Seperti yg  ditulis dalam Amsal 2:4-5 ;  " jikalau engkau mencarinya seperti mencari perak, dan mengejarnya seperti mengejar harta terpendam, 
maka engkau akan memperoleh pengertian tentang takut akan TUHAN dan mendapat pengenalan akan Allah".

Ada sebuah petunjuk praktis. Setiap kali cermati bagian kecil dalam Alkitab. Seperti Tuhan memberi 'roti-manna' cukup untuk sehari, tidak kurang dan tidak berlebih.
Kualitas pendalaman Firman lebih penting dari kuantitasnya (jumlah).
Sedikit perintah di sini, sedikit di situ;  sedikit aturan di sini, sedikit aturan di situ ; sedikit pelajaran di sini, sedikit pelajaran di situ.... 
Cermati dengan hati hati , sampai ada yg 'menyentuh'  anda, lalu renungkan baik baik. Baik juga untuk dicatat atau ditulis dalam jurnal harian anda.

Saya menulis ini beberapa saat setelah saya  bersaat teduh  dan membaca Matius 18:4  :  "barangsiapa merendahkan diri dan menjadi seperti anak kecil ini, dialah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga."
Saya mencatat dan merenungkan ayat ini beberapa kali seharian ini dan bertanya pada Tuhan, " bagaimana saya bisa menjadi lebih seperti anak kecil (child-like)". Dan seharian ini saya jadi diingatkan kecenderungan saya yg mudah  terburu-buru dan kuatir.
Apakah saya menangkap yg diinginkan Tuhan ? Bila saya mendengar, saya akan mengerti.

Jangan kecil hati bila pembacaan anda hanya mendapat sedikit, karena ada kalanya memang kita hanya perlu sedikit tapi mendalam.

Seorang anak kecil pulang sekolah pada hari pertamanya dan ditanya ibunya, "kamu belajar sesuatu di sekolah hari ini?"
Ia menjawab, " kelihatannya tidak bu, tapi besok saya akan tetap kembali lagi, lusa juga, lusanya lagi juga....."

Dari : THE LUCADO INSPIRATIONAL READER
By Max Lucado.

Popular Posts