Monday, March 31, 2014

Penampilan

MELIHAT LEBIH DALAM (1 Samuel 16:1-13)
Dikirim oleh : Evi Sjiane Djiun

Manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati. (1 Samuel 16:7)

Pada acara Britain's Got Talent 2009, seorang perempuan paruh baya menghadap dewan juri, lalu memperkenalkan diri sebagai kontestan. Ia mengaku berasal dari sebuah daerah yang tidak terlalu terkenal,  tetapi berkata bahwa dirinya telah dipersiapkan sejak lama untuk  menjadi penyanyi profesional. Melihat penampilannya yang lugu dan klaimnya yang terlalu berani, para juri hanya tersenyum. Beberapa  penonton tertawa sinis. Namun, begitu perempuan itu mulai melantunkan lagu, reaksi mereka berubah. Keraguan berganti jadi  kekaguman. Tak ada yang menyangka sosok yang sederhana itu ternyata bisa menyanyi dengan indah, dan pada babak final tampil sebagai  runner-up. Namanya Susan Boyle.

Samuel pada awalnya juga memandang sebelah mata pada Daud. Ketika  Tuhan meminta Samuel mengurapi raja yang baru, ia mengira bahwa kandidat yang pantas ialah anak Isai yang bertubuh tinggi besar,  yang cocok untuk maju berperang. Ia terkejut ketika Tuhan justru  memilih Daud, yang setiap hari menggembalakan domba. Ya, Tuhan mampu melihat lebih dalam daripada daya lihat manusia.

Kadang-kadang kita juga gagal menilai orang dengan benar. Mungkin  kita menganggap rendah orang lain berdasarkan kesan pertama yang kurang meyakinkan, padahal ia sebenarnya berpotensi besar, bahkan  mungkin lebih baik dari kita. Sepatutnya kita tidak terbiasa  buru-buru menilai seseorang dari penampilannya, namun belajar untuk sungguh-sungguh mengenal dan menghargainya dengan sebaik mungkin.  --TYS

MANUSIA SERING HANYA MELIHAT APA YANG DI DEPAN MATA, LALU TERTIPU OLEH MATANYA SENDIRI.

Sumber : Renungan Harian

Popular Posts